Pages

Saturday, July 14, 2007

Perlindungan dari Spam

Menurut beberapa penelitian, spam adalah hal nomor satu yang paling mengganggu di Internet. Hal ini dipersulit oleh pada spammer yang selalu mencoba untuk menhindari filter. indoglobal.com menyediakan beberapa tingkat perlindungan terhadap spam yang dapat anda pilih dan gunakan sesuai dengan tingkat kebutuhan anda. Filter spam dapat diset pada setiap account POP/IMAP melalui fasilitas webmail. Tingkatan-tingkatan perlindungan memiliki kelebihan dan kekuranan masing-masing dalam hal metoda yang digunakan, usaha yang dibutuhkan serta efektivitas filter.

Filter Spam Tingkat 1

Filter spam tingkat 1 adalah filter dengan menggunakan SpamAssassin. Dengan spam filter tingkat 1 anda dapat menggunakan filter spam tanpa membutuhkan banyak usaha. Anda tinggal mengaktifkannya dan sistem kami akan memfilter email-email yang dicurigai sebagai spam. Kekurangan: tingkat efektivitasnya tidak sebaik tingkat lainnya. Kelebihan: tidak membutuhkan banyak usaha dari pemakai.

Filter Spam Tingkat 2

Filter Spam tingkat 2 adalah filter statistis dengan metoda bayes. Dengan filter ini, anda harus mengajari sistem kami untuk dapat membedakan mana spam dan mana yang bukan spam. Anda dapat mengajari sistem kami untuk membedakan spam dan bukan spam melalui webmail. Semakin banyak email yang dipelajari maka efektifitasnya akan semakin baik. Kekurangan: anda harus mengajari filter ini sebelum dapat dengan baik membedakan mana spam dan mana yang bukan spam. Kelebihan: efektivitasnya sangat baik setelah mempelajari cukup banyak email spam dan bukan spam.

Filter Spam Tingkat 3

Filter spam tingkat 3 adalah filter challenge and response. Filter ini berdasarkan konsep whitelisting (daftar putih) dan blacklisting (daftar hitam). Jika seseorang yang tidak masuk daftar putih mengirimkan email kepada anda, maka sistem email kami akan mengirimkan email konfirmasi ke pengirim. Jika pengirim melakukan konfirmasi maka ia akan dimasukkan ke daftar putih dan email yang dikirimkan baru anda terima. Selanjutnya ia tidak perlu melakukan konfirmasi kembali karena sudah masuk ke dalam daftar putih anda. Email yang dikirim dari alamat email yang masuk dalam daftar hitam anda akan selalu ditolak oleh sistem kami. Anda dapat mengedit daftar hitam dan putih anda melalui fasilitas webmail. Filter ini pun dilengkapi dengan fasilitas untuk memperlancar komunikasi dengan bukan manusia misalnya mailing list atau isian email pada form HTML. Kekurangan: rekan anda yang mengirim email kepada anda harus melakukan konfirmasi pada pengiriman pertama, perlakuan khusus harus dilakukan pada mailing list dan form HTML. Kelebihan: Efektivitasnya hampir sempurna, untuk dapat mengirimkan spam kepada anda, spammer harus terlebih dahulu melakukan konfirmasi.

Folder "Junk Mail"

Setiap email yang berhasil diidentifikasi sebagai spam akan dikirim oleh sistem kami ke folder "Junk Mail" pada account anda. Anda dapat mencari email-email yang salah diidentifikasi sebagai spam dalam folder ini. Untuk mencegah folder ini menjadi terlalu besar, anda dapat set sistem kami untuk menghapus email-email lama dalam folder ini secara otomatis.

>>>id.indoglobal.com

No comments: