Pages

Friday, March 13, 2009

Nama E-mail Pengaruhi Jumlah Spam

Terjangan spam alias pesan sampah ternyata tidak sembarang menyerbu alamat e-mail. Dalam studi University of Cambridge di Inggris diungkap bahwa jumlah spam yang diterima pemakai e-mail tergantung pada huruf pertama nama e-mailnya. Dengan menganalisis sekitar 500 juta spam yang beredar di Inggris, ditemukan bahwa alamat e-mail yang dimulai dengan huruf yang umum dipakai kemungkinan kuantitas spam-nya mencapai 40 persen. Sedangkan alamat yang dimulai dengan huruf yang tidak umum, maka kuantitas spam hanya mencapai seperlima di inbox mereka.

Menurut studi ini, jika huruf pertama dalam alamat e-mail dimulai dengan J, A, U, I, R, P, M, atau S, maka jumlah spam yang diterima bisa sampai dua kali lipat dibanding dengan alamat e-mail yang dimulai dengan huruf Q, Z, W, Y atau F.

Sayangnya, studi ini tak menyimpulkan penyebab pasti fenomena itu. Dr Richard Clayton, akademisi Cambridge University yang membesut studi ini hanya mengemukakan bahwa mungkin, hal itu disebabkan lebih banyak nama e-mail dimulai dengan huruf di barisan pertama daripada yang kedua sehingga kuantitas spam-nya lebih banyak.

Temuan tersebut diharapkan bisa membantu dibuatnya teknik tertentu dalam menangkal spam.

DETIKINET

No comments: